Tuesday, May 21, 2013

Sejarah Dan Perkembangan Twitter Lengkap

Sejarah Dan Perkembangan Twitter Lengkap – Kali ini kita akan membahas dan mengulas lengkap mengenai twitter.

Twitter didirikan pada tahun 2006 oleh Biz Stone dan Evan Wiliams yang berasal dari Google serta Jack Dorsey yang merupakan karyawan Odeo. Ide twitter sendiri dicetuskan oleh Jack Dorsey dalam diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Jack memiliki suatu ide yang tentang ‘status’. ‘status’ mengenai apa yang dilakukan oleh seseorang. Dengan siapa dia melakukan kegiatan, hingga akan terjadi interaksi percakapan antar pengguna. Muncullah Twitter yang pada awalnya dinamai Twttr.
Konsep awal dari twitter adalah sistem yang memberikan fitur bagi pengguna untuk mengirimkan pesan (SMS) ke suatu nomor yang dan dapat disiarkan ke semua teman. Dengan berbagai diskusi dan koreksi di sistem tersebut, maka saat ini twitter telah berkembang menjadi situs jejaring sosial yang memiliki fitur untuk menerbitkan posting singkat serupa dengan SMS yang bisa diakses oleh beberapa pihak lain dalam waktu bersamaan.
Proyek pembuatan twitter dimulai secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006, dan seiring semakin berkembangnya proyek twitter, maka pada April 2007 twitter secara resmi menjadi perusahaan mandiri. Kepopuleran twitter terus naik pada tahun 2007 bertepatan dengan diadakannya festival South by Southwest (SXSW) yang merupakan festival musik yang cukup populer . Selama proses acara tersebut terlihat respon positif dari pengguna twitter, penggunaan twitter meningkat sebanyak 40.000 kicauan per hari, dari 20.000 kicauan per hari menjadi 60.000 kicauan per hari.
Seiring dengan kepopulerannya, penggunaan twitter mulai meningkat dari waktu ke waktu. Peningkatan ini berbanding lurus dengan adanya peristiwa yang terjadi di dunia (trending topic). Misalnya saat michael jacson meninggal, penggunaan twitter meningkat secara tajam.
Pada awal pembuatan twitter, media sosial ini hanya didesain untuk berkomunikasi. Oleh karena itu fasilitas yang tersedia didesain hanya utuk menerbitkan suatu twit dengan jumlah karakter yang telah diberikan.
Penggunaan twitter yang mengalami perkembangan dengan cepat menyebabkan semakin banyak inovasi – inovasi untuk mengakses situs ini. Twitter sendiri saat ini telah bekerjasama dengan banyak penyedia layanan web, dan menghasilkan jumlah penyedia twitter client yang beragam, misalnya TweetDeck, Seesmic Desktop, dabr.co.uk,tweetie.net, slandr.co.uk.
Untuk semakin meningkatkan perkembangan twitter, pihak twitter telah bekerjasama dengan twitter client. Twitter client adalah penyedia fitur – fitur tambahan dalam penggunaan twitter. Misalnyai twitter client dengan alamat web twitpic.com,instagram.com, dan yfrog.com yang merupakan situs khusus untuk mengupload gambar dan foto. Saat ini juga telah dikembangkan suatu web client yang menyediakan fasilitas untuk mengatasi batasan karakter dalam penulisan twit, sehingga kita bisa membuat twit yang lebih panjang. Selain pengembangan dan kerjasama antara twitter dengan twitter client yang semakin memperkaya fitur, saat ini juga telah tersedia aplikasi twitter yang dapat digunakan untuk mengakses twitter melaui media lain. Jadi pengguna twitter dapat mengakses twitter melalui beragam media, tidak terbatas hanya melalui PC saja. Bisa juga melalui telepon seluler (writelonger.com, dabr.co.uk) ; twitter untuk android (Tweetdeck, Hootsuite dan lain – lain) ; twitter untuk blackberry (ubersocial) ; twitter untuk Tab ; dan lain lain.
Dari segi penggunaan, saat ini twitter mengalami pengembangan tujuan selain berkomunikasi. Melalui twitter pengguna bisa melakukan kegiatan ekonomi, pemasaran, bahkan twitter bisa bergerak di bidang kesehatan. melalui twitter pendeteksian suatu penyakit atau wabah di wilayah negara dapat dilakukan, sehingga bisa diberikan suatu pencegahan atau bantuan untuk mengatasi. Dari segi tampilan, perkembangan juga terjadi pada halaman web resmi Twitter. Dari tahun ke tahun tampilan twitter mengalami pembaharuan.
Twitter 2012 Kemudahan kemudahan akibat pengembangan fitur telah meningkatkan kanyamanan masyarakat untuk menggunakan twitter. Semakin lama, semakin banyak fasilitas yang dikembangkan. Oleh karena itu jumlah pengguna twitter juga ikut bertambah tiap tahunnya.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...